bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

6 Resep Nugget Tahu Pilihan, Yang Lezat Dan Spesial

6 Resep Nugget Tahu Pilihan, Yang Lezat Dan Spesial 

Nugget merupakan kreasi menu masakan yang sangat praktis, karena bisa disimpan di lemari pendingin serta tinggal digoreng kapan saja saat ingin disajikan. Jadi sangat cocok untuk dicoba sendiri dirumah. Nugget bisa dibuat dari berbagai bahan makanan, dan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat aneka nugget tahu.

Nugget tahu adalah makanan yang sudah cukup digemari, selain pembuatannya yang terbilang mudah, rasanya pun juga tidak kalah lezat dari nugget – nugget lainnya.

Nugget tahu ini juga memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh kita, karena bahan dasar dari tahu itu sendiri berasal dari kacang kedelai yang tinggi kandungan proteinnya.

Tahu selain rasanya yang enak, harganya juga sangat terjangkau, dan mudah sekali dicari. Jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan dirumah, sebagai teman ngumpul bareng keluarga, atau  pelengkap duduk – duduk santai bersama teman.

Karena proses memasak nugget tahu yang cukup mudah, anda bisa mencoba berkreasi sambil mengajak si buah hati, sekalian sambil mengajari mereka cara memasak dan juga agar hubungan antara ibu dan anak semakin dekat. Atau juga bisa untuk mengisi waktu saat weekend.

Kenapa harus dijadikan nugget? Pertanyaan yang bagus, rasanya kita sudah terlalu sering ya melihat tahu yang digoreng di warung – warung makan atau biasanya di penjual gorengan pinggir jalan. Bosan pasti kalau sering dilihat dan dipikiran kita pasti ah rasanya paling ya gitu – gitu aja. Oleh karena itu akan lebih menarik jika disiasati dengan dijadiakan sebagai nugget tahu.

Nah kali ini saya akan membahas tentang macam – macam nugget tahu, biar ga bosen sama rasa tahu, kita bisa mencampurkan aneka sayuran, mie instan, bisa juga daging ataupun jamur.

Selain untuk menambah cita rasa agar semakin enak, menambahkan  aneka sayuran, daging, dan jamur juga bisa menambah nilai gizi dari nugget ini. Sangat menarik bukan, sudah rasanya enak, gizinya pun juga baik untuk tubuh. Sudah pasti cocok sekali untuk camilan sikecil dirumah.


1. Resep Nugget Tahu Wortel

Untuk yang pertama saya ingin membagikan resep nugget tahu wortel. Wortel adalah sayuran yang kandungan vitamin A nya cukup tinggi, dan baik jika dikonsumsi. Akan tetapi untuk anak – anak biasanya sangat sulit untuk makan sayur, maka dari itu resep ini bisa dicoba, rasanya yang enak dan kandungan gizi yang baik untuk tubuh tidak akan membuat para orang tua khawatir jika anak – anak mengkonsumsinya. Baiklah langsung saja simak bahan dan cara pembuatan nugget tahu wortel berikut.

Bahan :
10 buah tahu ukuran 4x4 cm
100 gram wortel
100 gram lobak
1 buah bawang bombay
1 batang daun bawang
5 siung bawang putih
3 butir telur
60 gram tepung terigu
1 sendok teh garam
½ sendok teh merica bubuk
½ sendok teh kaldu bubuk atau penyedap rasa
Minyak goreng
Tepung panir atau tepung roti kasar
3 butir putih telur


Cara membuat :
1. Hancurkan tahu menggunakan garpu atau sesuai alat yang ada.
2. Serut wortel sampai halus.
3. Kupas lobak, serut halus, lalu cuci hingga bersih. Setelah iru rebus sebentar kemudian peras.
4. Potong bawang bombay berbentuk dadu kecil.
5. Iris kecil – kecil daun bawang.
6. Cincang bawang putih.
7. Kocok telur hingga tercampur rata, tambahkan garam, merica dan penyedap rasa atau kaldu bubuk.
8. Setelah itu masukkan tahu yang telah dihancurkan tadi, masukkan juga tepung terigu, aduk – aduk sampai semua tercampur rata.
9. Kemudian masukkan lagi wortel, lobak, bawang bombay, bawang putih, daun bawang, dan telur. Aduk lagi hingga semua bahan dan bumbu tercampur rata.
10. Siapkan loyang yang telah dilapisi dengan plastik. Tuang adonan tahu tadi kedalam loyang, kemudian ratakan bagian atasnya ( Jika anda tidak ingin memakai loyang, bisa disiasati dengan hanya menggunakan plastik, jadi nanti nuggetnya akan berbentuk bulat pipih atau lonjong ) .
11. Kukus adonan menggunakan api sedang selama kurang lebih tiga puluh ( 30 ) menit atau hingga adonan matang. Setelah itu angkat dan biarkan sebentar hingga dingin.
12. Keluarkan adonan yang telah dingin tadi dari loyang, kemudian potong – potong berbentuk kotak atau bisa dibentuk sesuai selera.
13. Celupkan potongan adonan tadi kedalam putih telur hingga semua bagian basah. Setelah itu angkat dan masukkan ke wadah yang berisi tepung panir atau tepung roti kasar, guling – gulingkan hingga semua bagian tertutupi tepung. Lakukan hingga adonan habis. Adonan telah siap untuk digoreng, akan tetapi jika ingin dijadikan persediaan juga bisa langsung dimasukkan ke lemari pendingin atau freezer.
14. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, lalu goreng nugget menggunakan api sedang, goreng hingga matang atau sampai warnanya sudah berubah menjadi kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
15. Siapkan piring saji, dan nugget tahu sayur siap untuk dihidangkan.

Selanjutnya ada nugget tahu brokoli yang juga tidak kalah bergizi dari nugget tahu wortel tadi. Brokoli mengandung beberapa zat gizi seperti vitamin A, B, C, K, dan mineral seperti kalsium dan zat besi, serta kandungan serat dan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan. Dan kali ini kita bisa memakan brokoli dalam bentuk nugget. Langsung saja simak bahan dan cara pembuatannya.

2. Resep Nugget Tahu Brokoli

Bahan :
10 biji tahu putih kecil
2 butir telur ayam
100 gram brokoli
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
1 sendok teh merica butir, garam, gula pasir, dan penyedap rasa
1 butir telur
100 gram tepung roti kasar atau tepung panir

Cara membuat :
1. Hancurkan tahu menggunakan garpu.
2. Kocok telur hingga tercampur rata.
3. Blender brokoli bersama bawang putih, bawang merah, dan merica butir.
4. Siapkan wadah, masukkan tahu yang telah dihancurkan tadi bersama brokoli dan bumbu – bumbu yang sudah di blender, campur sampai rata.
5. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa. Aduk lagi sampai tercampur rata.
6. Olesi cetakan atau loyang dengan minyak terlebih dahulu, agar adonan tidak lengket pada loyang.
7. Kemudian tuang adonan ke loyang, setelah itu ratakan bagian atasnya.
8. Siapkan kukusan, kemudian kukus adonan hingga matang atau kurang lebih tiga puluh ( 30 ) menit. Kemudian angkat dan biarkan sebentar sampai adonan dingin.
9. Setelah adonan sudah dingin, potong – potong berbentuk kotak atau sesuai selera.
10. Kemudian celupkan adonan yang telah dipotong kedalam kocokan telur ( selain telur, bisa juga menggunakan tepung terigu yang dicampur sedikit penyedap rasa dan ditambahkan air ).
11. Setelah itu angkat dan masukkan kedalam wadah yang berisi tepung roti kasar atau tepung panir. Lakukan sampai adonan habis (bisa langsung digoreng atau disimpan dalam lemari pendingin untuk persediaan)
12. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng menggunakan api kecil hingga warnanya kuning kecoklatan. Lalu angkat dan tiriskan.
13. Siapkan piring saji, dan nugget tahu brokoli siap untuk disajikan.

Mudah sekali bukan caranya? Dan pastinya akan sangat disukai oleh keluarga.
Dan yang ketiga ini ada nugget tahu bayam, bayam juga sangat bagus untuk kesehatan, apalagi jika keluarga kita senang mengkonsumsinya. Ya salah satu cara agar bayam disukai yaitu dengan dibuat nugget ini, baiklah langsung saja saja bagikan resep cara pembuatannya.

3. Resep Nugget Tahu Bayam

Bahan :
7 buah tahu putih
4 butir telur ( untuk dicampurkan ke adonan )
1/4 ikat bayam segar
5 sendok makan tepung terigu
2 sendok teh susu bubuk larutkan dengan sedikit air
1 sendok makan garam
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
5 sendok teh bawang putih halus
minyak goreng
2 buah putih telur ( untuk celupan )
Tepung roti kasar atau tepung panir secukupnya

Cara membuat :
1. Kukus tahu, kemudian hancurkan menggunakan garpu.
2. Potong kasar bayam segar.
3. Siapkan wadah, kocok telur sampai rata, masukkan tahu yang telah dihancurkan tadi, tambahkan garam, merica bubuk, bawang putih halus, gula pasir, laruta susu,  dan tepung terigu.
4. Kemudian masukkan bayam dan aduk kembali hingga semuanya tercampur rata. Biarkan sebentar agar bumbu – bumbu meresap sempurna.
5. Setelah itu siapkan loyang yang telah diolesi minyak sebelumnya agar adonan tidak lengket kemudian masukkan adonan kedalam loyang, ratakan bagian atasnya.
6. Siapkan kukusan, dan kukus adonan sampai matang atau selama kurang lebih dua puluh ( 20 ) menit. Setelah itu angkat dan diamkan sebentar hingga dingin.
7. Setelah dingin, potong – potong adonan berbentuk kotak atau sesuai selera. Kemudian masukkan ke dalam kocokan telur hingga semua bagian basah, setelah itu angkat dan masukkan kedalam wadah yang berisi tepung roti kasar atau tepung panir, guling – gulingkan hingga semua bagian tertutup tepung, lakukan sampai adonan habis ( bisa langsung digoreng atau disimpan dulu di lemari pendingin untuk persediaan).
8. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng nugget hingga matang atau hingga warnanya menjadi kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
9. Siapkan piring saji, dan nugget tahu bayam siap untuk disajikan.

Untuk  selanjutnya ada juga nih nugget tahu jamur, si putih satu ini juga sangat baik dikonsumsi apalagi jika dicampur dengan tahu yang tinggi kandungan proteinnya. Berikut saya akan membagikan bahan dan cara membuat nugget tahu jamur.

4. Resep Nugget Tahu Jamur

Bahan :
1 buah tahu putih besar
100 gram jamur tiram
1 butir telur (kuningnya untuk bahan pencelup, putihnya untuk adonan)
1 sendok makan tepung kanji
3 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar bubuk
1/2 sendok teh pala bubuk
4 sendok makan tepung terigu
2 sendok makan air
tepung roti kasar atau tepung panir secukupnya
garam dan bumbu penyedap secukupnya
minyak goreng

Cara membuat :
1. Hancurkan tahu menggunakan garpu.
2. Cuci jamur hingga bersih, kemudian suwir – suwir, lalu rendam dengan air panas selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu tiriskan dan peras.
3. Haluskan bawang putih.
4. Kocok putih telur, masukkan tahu yang telah dihancurkan tadi bersama dengan jamur yang sudah di suwir – suwir, tepung terigu, tepung kanji, bawang putih halus, ketumbar bubuk, pala bubuk, garam dan bumbu penyedap secukupnya. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
5. Siapkan loyang, olesi dengan minyak goreng agar adonan tidak lengket. Kemudian tuang adonan ke loyang dan ratakan bagian atasnya.
6. Siapkan kukusan, kemudian kukus adonan hingga matang atau kurang lebih selama dua puluh lima ( 25 ) menit (Jika selama proses pengukusan keluar air, maka buang airnya menggunakan sendok atau gunakan tissu untuk menyerap airnya). Setelah itu angkat dan biarkan sebentar hingga adonan sedikit dingin.
7. Jika sudah dingin, potong – potong adonan berbentuk kotak atau sesuai selera.
8. Siapkan wadah untuk bahan pencelup yaitu kuning telur dikocok dan ditambahkan tepung terigu, garam, dan air. Aduk hingga semuanya tercampur rata.
9. Celupkan potongan nugget hingga semua bagiannya basah, kemudian angkat dan masukkan kedalam wadah yang berisi tepung roti kasar atau tepung panir, guling – gulingkan hingga semua bagiannya tertutupi tepung ( nugget sudah siap digoreng atau juga bisa disimpan dulu di lemari pendingin untuk persediaan).
10. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, lalu goreng nugget menggunakan api sedang, tunggu sampai matang atau sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
11. Siapkan piring saji, dan nugget tahu jamur sudah siap untuk dihidangkan.

Yang ke lima ini ada nugget tahu ayam, soal rasa pasti sudah tidak diragukan lagi pastinya. Rasa gurih dari tahu bercampur dengan rasa lezat dari ayam dengan tambahan bumbu – bumbu pilihan yang akan semakin memperkuat rasanya. Tidak usah berlama – lama langsung saja simak resepnya berikut.

5. Resep Nugget Tahu Ayam 

Bahan :
25 buah tahu putih
250 gram daging ayam
5 butir telur
5 siung bawang putih
1 sendok teh merica
Garam dan penyedap rasa secukupnya
Daun bawang sesuai selera
500 gram tepung roti kasar atau tepung panir
Minyak goreng

Cara membuat :
1. Hancurkan tahu menggunakan garpu.
2. Cincang atau blender daging ayam sampai halus.
3. Haluskan bawang putih dan merica.
4. Iris tipis daun bawang.
5. Kocok 3 butir telur hingga rata, masukkan tahu yang telah dihancurkan, daging ayam yang sudah halus, bawang putih, dan merica. Aduk hingga semua bahan tercampur. Kemudian masukkan irisan daun bawang,  garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk lagi hingga semua bahan dan bumbu tercampur rata.
6. Siapkan loyang, olesi dengan minyak agar adonan tidak lengket.
7. Tuang adonan nugget ke loyang, ratakan bagian atasnya.
8. Siapkan kukusan, kemudian kukus adonan sampai matang atau selama kurang lebih dua puluh lima ( 25 ) menit.  Setelah itu angkat dan biarkan sebentar sampai dingin.
9. Jika sudah dingin, adonan siap untuk di potong, bisa dipotong berbentuk kotak – kotak kecil atau sesuai selera.
10. Siapkan mangkok, kocok 2 butir telur sampai rata, tambahkan sedikit garam dan penyedap rasa, kemudian masukkan adonan yang telah dipotong tadi kedalam kocokan telur, masukkan hingga semua bagian nugget basah oleh telur. Setelah itu angkat adonan dari telur dan masukkan kedalam wadah yang berisi tepung roti kasar atau tepung panir. Guling – gilingkan adonan hingga semua bagiannya tertutup tepung. Lakukan sampai semua potongan adonan habis ( bisa langsung digoreng atau disimpan dulu dalam lemari pendingin untuk persediaan ).
11. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng nugget sampai matang atau sampai warnanya kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
12. Siapkan piring saji, dan nugget tahu ayam siap untuk disajikan.

Yang terakhir ini ada nugget tahu mie, ternyata mie instan juga bisa dijadikan olahan nugget lo, pasti rasanya juga enak. Berikut saya bagikan bahan dan cara membuat nugget tahu mie.

6. Resep Nugget Tahu Mie

Bahan :
1 bungkus mie instan
4 buah tahu1 butir telur
2 batang daun bawang
2 siung bawang putih
Garam dan penyedap rasa secukupnya
Merica bubuk
1/2 sdt baking soda
Tepung teriguTepung roti kasar atau tepung panir
Minyak goreng

Cara membuat :
1. Rebus mie sampai matang, kemudian angkat dan tiriskan.
2. Hancurkan tahu menggunakan garpu.
3. Haluskan bawang putih.
4. Iris halus daun bawang.
5. Kocok telur hingga rata, masukkan tahu yang telah dihancurkan, mie instan rebus,  bawang putih, tepung terigu, aduk hingga semua  tercampur, kemudian tambahkan  bawang putih, irisan daun bawang, merica bubuk, baking soda, sedikit garam dan penyedap rasa. Aduk lagi hingga semua bahan dan bumbu tercampur rata.
6. Siapkan loyang, oleskan minyak agar adonan tidak lengket.
7. Tuangkan adonan ke loyang, ratakan bagian atasnya.
8. Siapkan kukusan, kukus adonan sampai matang atau selama kurang lebih dua puluh ( 20 ) menit. Kemudian  angkat dan biarkan sebentar hingga dingin.
9. Jika adonan sudah dingin, potong – potong adonan berbentuk kotak atau sesuai selera.
10. Kocok telur sampai rata tambahkan sedikit garam dan penyedap rasa, masukkan potongan adonan kedalam kocokan telur hingga semua bagian adonan basah, setelah itu angkat dan masukkan adonan kedalam wadah yang berisi tepung roti kasar atau tepung panir. Lakukan hingga semua adonan habis ( bisa langsung digoreng atau disimpan dulu dalam lemari pendingin untuk persediaan).
11. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng nugget hingga matang atau hingga warnanya kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
12. Siapkan piring saji, dan nugget tahu mie siap untuk disajikan.

Bagaimana resep – resep yang saya bagikan tadi, mudah sekali kan? Sangat cocok untuk para pemula yang ingin coba – coba bikin makanan enak, sehat, dan pastinya gampang dibuatnya. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat untuk anda, dan selamat mencobanya.

Jangan lupa untuk membagikan 6 Resep Nugget Tahu Pilihan, Yang Lezat Dan Spesial kepada teman, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar menu masakan apa yang anda innginkan untuk saya bagikan selanjutnya.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment