bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

Simak Kekurangan dan Kelebihan dari Template Blog AMP

Kekurangan dan kelebihan dari template blog AMP, Itu yang hendak saya ulas pada artikel ini. Walau fitur AMP (Accelerated Mobile Pages) telah dikeluarkan oleh google dari tahun 2016 lalu, tetapi ada banyak kebimbangan dihati beberapa blogger untuk putuskan apa harus menukar template situsnya dengan template valid AMP atau mungkin tidak.

Pertanyaan mengenai perlukah memakai template AMP?

Apa kekurangan dan keunggulannya jika memakai template AMP?

Template, Website, Blog
Pertanyaan itu semuanya yang jadikan saya ragu dahulu. Jika saya sendiri ditanyakan perlukah memakai template AMP? Jawaban saya perlu! jika pengunjung menguasai dari piranti mobile, dan jika pengunjung imbang atau semakin banyak dari desktop tak perlu tukar. Walau saat ini zamannya mobile pikirkan matang-matang untuk siap mengubah semua posting jika menukar ke AMP. Jika sudah percaya silakan tukar dengan template yang valid amp.

Selanjutnya berkaitan kekurangan dan kelebihan yang dipunyai oleh blog AMP, berikut sejumlah kekurangan dan keunggulannya yang sempat saya alami sepanjang memakai template AMP.

A. Kelebihan Blog yang Memakai Template AMP:

1. Penampilan blog masih tetap terload seperti halaman asli walau jaringan jelek

Walau blog dibuka mengggunakan jaringan kurang kuat tetap terload sama sesuai alamat url yang asli bukan lewat googleweblight hingga halaman situs bakal tampil prima tanpa hancur. Sama seperti yang kita  kenali pada umumnya halaman blog non amp jika dijangkau dengan jaringan yang tidak mencukupi akan diarahkan ke halaman googleweblight. Tetapi ini tidak ada jika halaman blog telah valid AMP. Berikut satu diantara keunggulan yang paling oke dari fitur AMP.

2. Loading halaman instant

Kelebihan blog yang valid amp ke-2 ialah kecepatan akses yang makin dimuka. Loading halaman yang instant hingga pengalaman pemakai akan selalu terlindungi walau jarigan jelek. Memang fitur ini diutamakan untuk pemakai mobile jadi maklumlah jika akses lewat mobile yang diprioritaskan.

Bagaimana dapat amp membuat halaman blog jadi lebih cepat?

Salah satunya loyalitas fitur AMP yaitu memastikan content di blog kita dijangkau bisa lebih cepat. Blog dengan fitur amp akan meminimalkan pemakaian css, html dan khususnya javascript hingga waktu pemuatan halaman akan jadi lebih sedikit. Disamping itu halaman blog amp akan simpan cache blog, selanjutnya akan termuat kembali hingga browser tidak perlu mengambil berkali-kali untuk terhubung halaman blog.

3. Tingkatkan pengunjung dan kurangi bounch rate blog

Bagaimana triknya?

Kelebihan amp lainnya ialah tingkatkan pengunjung blog dan turunkan bounch rate. Sama seperti yang kita mengetahui bounch rate (rasio pentalan pengunjung) benar-benar tergantung pada kecepatan sebuah situs atau blog. Makin cepat akses blog itu karena itu bounch rate makin kecil dan automatis pengunjung akan makin kerasan menelusuri di blog kita.

Jika ada dua artikel dengan judul yang serupa di antara blog amp dan bukan, pasti pengunjung akan pilih blog yang loadingnya bisa lebih cepat yakni amp. Oleh karenanya secara perlahan-lahan pengunjung bertambah. Ditambah lagi untuk blog yang pengunjungnya semakin banyak dari piranti mobile. Pasti kedatangan template valid amp ini benar-benar punya pengaruh.

4. Meningkatkan rangking blog/web

Kelebihan memakai template amp setelah itu dapat meningkatkan rangking blog! Banyak faktor yang memengaruhi rangking sebuah blog atau situs di mesin perayap, satu diantaranya ialah kecepatan aksesnya. Untuk pemakai template blog valid amp pasti ini telah automatis terselesaikan. Dengan memakai template amp loading blog akan makin cepat, hingga ini bisa menjadi nilai lebih dalam penetapan rangking di mesin perayap dibanding yang non amp.

Kesempatan kamu untuk memperoleh rangking semakin besar bila memakai amp. Karena blog benar-benar responsif dan loading super kencang.

5. Indeks blog makin tinggi    

Pengalaman yang mengagumkan sepanjang saya memakai template AMP ialah bertambahnya status indekx google pada blog saya. Page indeks dan susunan template terindeks dengan cepat sekali dan naik terus.

6. Memakai template AMP memberinya kepuasan tertentu

Selainnya banyak kelebihan yang saya sebut di atas, kelebihan lainnya yang saya alami ialah saya memiliki kepuasan tertentu dalam memakai template amp. Ditambah lagi jika blog valid amp keseluruhannya dari postingaan, gambar dasn beberapaya. Tentu berasa senang dan semangat untuk ngeblog tumbuh kembali. Maklumlah amp kan masih baru, seperti orang yang baru dibelikan barang baru tentu rasanya suka sekali. Ditambah lagi jika barangnya prima tidak ada cacat.

Walau template amp mempunyai beberapa kelebihan, tetap ada kekurangannya. Tetapi kekurangan ini tidak berapa dibanding keunggulannya. Berikut sejumlah kekurangan yang dipunyai oleh template amp menurut saya.

B. Kekurangan Blog yang Memakai Template AMP

1. Pemakaianya masih repot untuk yang baru memulai khususnya basis blogger

Css dalam amp berlainan dengan template biasa. Penempatan code javascript berlainan, unggah gambar posting, pemakaian model penulisan artikel dan sebagainya . Maka untuk yang baru memulai minimum memahami letak code karena umumnya serba harus manual. Umumnya main code lain dengan template non amp yang ada penataannya hanya click. Itu untuk blogger, tetapi jika memakai wordpress tinggal pasang plugin amp kelar telah valid amp situsnya.

2. Tidak support google pagespeed [Sekarang telah support]

Kemungkinan kamu bingung jika memakai template amp, selanjutnya memeriksa score speednya di pagespeed. Hasilnya kuning! Tidak boleh bingung karena tools itu belum dukungan amp. Jika kamu ingin memeriksa kecepatan loading halaman blog amp lebih bagus pakai gtmetrix saja. Itu cuman kekurangan sedikit, kemungkinan nantui nantinya akan support amp.

3. Banyak terjadi error jika diaplikasikan pada blog lama yang awalnya memakai template non amp.

Saya dahulu pernah menukar blog ini dengan template amp. Walau saya sudah mengetahui bisa banyak terjadi error, saya masih tetap tegar menukarnya dan harus mengubah posting satu-satu yang banyaknya 100an lebih. Selanjutnya saya mengantinya kembali ke non amp dan harus mengubah posting kembali. Kurang pekerjaan kan? hihihi

Cukup hanya itu kekurangan dan kelebihan yang saya alami sepanjang memakai template amp. Berkaitan permasalahan lainnya seperti pendapatan semakin bertambah atau malah turun, saya belum mengetahui. Karena saya memakai template amp saat sebelum keterima adsense. Argumen saya individu menukar template amp ke nonamp ialah karena adsense juga. Kemungkinan jika ingin membuat blog baru saya akan pilih template amp kembali.

Kemungkinan ada kekurangan dan kelebihan blog AMP lainnya yang belum saya sebut, silakan silahkan share diklom komentar! Mudah-mudahan berguna.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment