bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

Kenali 10 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh (Otak dan Jantung)

Kenali Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh - Bunga Telang merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, meningkatkan memori otak dan lain sebagainya. Tentu hal ini telah dibuktikan oleh berbagai macam penelitian yang dilakukan oleh para ahli di bidangnya.

Bunga telang secara ilmiah dikenali sebagai Clitoria ternatea dan mempunyai warna biru ceria yang unik. Tanaman ini mempunyai nama yang berbeda setiap wilayah di Indonesia. Dalimartha dalam "Atlas Tumbuhan Obat Indonesia" mengatakan, bunga telang dikenali sebagai bunga biru atau bunga kelentit di wilayah Sumatera.

Di Pulau Jawa, bunga telang disebut kembang teleng atau menteleng. Sedangkan di Sulawesi disebut bunga talang atau bunga teman raleng.

Selainnya sebagai tanaman hias, bunga telang dipakai dalam resep olahan. Sesuai dengan "Journal of Pharmacological Reports", bunga telang ialah bahan umum dalam resep berbasiskan nasi, seperti nasi kerabu di Malaysia dan kue beras di Singapura.

Riset Budiasih dalam "Pengkajian Kemampuan Farmakologis Bunga Telang (Clitoria ternatea)" mendapati kekuatan bunga telang sebagai anti-oksidan, antibakteri, anti inflamasi dan analgesik, antiparasit dan antasida, antidiabetes, anti-kanker, antihistamin, immunomodulator, dan kekuatan berperanan dalam formasi saraf pusat.

Kandungan itu bisa diserap badan lewat konsumsi bunga telang dalam bermacam-macam, seperti teh bunga telang. Sekarang ini, kemungkinan sebagian orang telah mengenali teh bunga telang yang disebut blue tea.

Teh bunga telang bisa dibikin dengan seduhan bunga telang kering atau fresh di air dingin atau panas. Teh ini bisa dicicipi tanpa atau dengan tambahan madu. Tidak ada batas minum teh bunga telang. Tapi, tidak boleh konsumsi teh terlalu berlebih.

Selanjutnya, manfaat bunga telang untuk kesehatan bisa dibaca lewat ulasan ini.

Kenali 10 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh (Otak dan Jantung)

Bunga telang, manfaat bunga telang, manfaat bunga telang bagi kesehatan

1. Dapat Meningkatkan Memori Pada Otak

Manfaat bunga telang dihubungkan dengan dampak kenaikan memory. Study dalam "Pharmaceutical Biology" tahun 2000 memberikan, proses untuk tingkatkan memory ialah lewat kandungan asetilkolin di di otak yang semakin bertambah sesudah konsumsi bunga telang.

Asetilkolin merupakan neurotransmiter yang mainkan peranan penting dalam peranan normal otak dan badan. Asetilkolin berperan untuk memberitahukan hipokampus supaya simpan memory. Ini mainkan peranan penting dalam kesiagaan, perhatian, evaluasi, dan memory.

2. Dapat Mengurangi Depresi / Stres

Bunga telang mempunyai dampak untuk kurangi depresi menurut riset dalam "Pharmacology Biochemistry and Behavior". Konsentrat bunga telang sudah ditelaah dan hasilnya memberikan kekuatan bunga telang sebagai obat antidepresan. Bunga telang bisa mengendurkan otot pembuluh darah lembut hingga menolong saluran darah dan menurunkan depresi.

3. Dapat Meningkatkan Mood / Suasana Hati

Situasi hati bisa dipertingkat dengan bunga telang. Seperti riset awalnya, konsumsi bunga telang mempunyai dampak pembasmi depresi yang dapat menolong kurangi tanda-tanda kekhawatiran.

Ini dikenal juga untuk beri kesegaran otak, tingkatkan tingkat energi dan stamina, memengaruhi emosi positif hingga tingkatkan keproduktifan. Teh bunga telang sebagai pembasmi depresi yang bisa kurangi tanda-tanda kekhawatiran dan stres.

4. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan bunga telang mencakup anti-oksidan yang disebut proanthocyanidin. Senyawa itu sudah ditelaah dalam Social Science Research Network (SSRN). Dengan begitu, bunga telang dapat membantu menjaga kesehatan mata dengan meningkatkan saluran darah di kapiler mata.

Kenaikan saluran darah itu memungkinkannya mata untuk beradaptasi dengan peralihan sinar dan tingkatkan pandangan. Bunga telang efisien dalam menahan katarak dan glaukoma, membenahi penglihatan buram, dan menyembuhkan kerusakan retina dan menentramkan mata yang meradang dan berair.

5. Dapat Membantu Meredakan Asma

Bunga telang bisa dibuktikan mempunyai dampak untuk menolong menurunkan asma menurut riset dalam "Journal of Ethnopharmacology" tahun 2011. Sifat anti-inflamasi dalam bunga telang bekerja dengan kurangi infeksi, bengkak, dan produksi lendir di aliran udara pasien asma.

Mengakibatkan, infeksi di aliran menyusut dan condong tidak bereaksi hingga asma bisa dijauhi. Konsumsi bunga telang memungkinkannya pasien asma supaya mempunyai kontrol yang lebih bagus atas keadaan mereka.

6. Berpotensi Anti Kanker

Bunga telang mempunyai potensi sebagai antikanker karena mempunyai flavonoid yang mengandung kaempferol yang berpotensi itu. Publisitas dalam "International Journal of Pharmacognosy and Phytochemical Research" mengetes bunga telang dan kandungannya.

Dan hasilnya, sel kanker dapat mati sampai 63,8 % karena kandungan flavonoid dalam bunga telang, seperti kaempferol, delphinin dan quercetin.

7. Membantu Mengatasi Diabetes

Konsentrat bunga telang dites dalam "Journal of Applied Pharmaceutical Science" dan hasilnya memperlihatkan kegiatan anti-diabetes karena secara berarti turunkan kandungan glukosa serum.

Hasil dari riset ini, bunga telang membuat beberapa sel pemroduksi insulin berperan dan terjadi stimulan pelepasan insulin hingga bisa menangani diabetes.

Baca juga : Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

8. Membantu Melindungi Tubuh dari Mikroorganisme

Bunga telang sebagai agen antimikroba yang berperan membuat perlindungan badan dari mikroorganisme pemicu penyakit

Publisitas dalam "Journal of Ethnopharmacology" memperlihatkan karakter antimikroba pada bunga telang bekerja di tingkat sel untuk selalu mengusik dan menahan perkembangan mikroorganisme seperti bakteri, jamur dan.

Dengan penangkalan itu, badan bisa terlindung dari beragam penyakit.

9. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah study yang diedarkan dalam "International Journal of Obesity and Terkait Metabolic Disorders" memperlihatkan manfaat bunga telang bisa menahan dan menolong menantang kegemukan dan penyakit hati berlemak.

Teh bunga telang mengandung katekin yang berperanan penting dalam membakar lemak perut dan menolong turunkan berat tubuh. Minum teh ini ialah langkah yang efisien untuk tingkatkan metabolisme hingga membuat badan membakar semakin banyak kalori.

10. Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Bunga telang juga memiliki kandungan anti-oksidan yang bukan hanya membuat perlindungan bagi tubuh dari infeksi tapi juga berguna untuk jaga kesehatan jantung. Study dalam "Pharmaceutical Biology" sudah mempelajari manfaat teh bunga telang dalam turunkan kandungan cholesterol tinggi-faktor resiko khusus untuk penyakit jantung.

Teh bunga telang bisa dibuktikan membuat perlindungan pada penyakit jantung dengan membatasi hiperlipidemia, yakni konsentrasi lipid atau lemak yang abnormal dan tinggi pada darah. Mengonsumsi air teh bunga telang dapat menangani beberapa penyakit jantung terhitung penyumbatan, pembekuan darah, dan penyakit serangan jantung.

Nah, jadi itulah informasi mengenai beberapa manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk kesehatan otak dan jantung. Jadi tunggu apalagi? lakukan hal diatas untuk tetap menjaga kesehatan tubuhmu. Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Post a Comment