bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

Resep Ketupat Agar Tidak Cepat Basi, Ini dia Tips nya !

Resep Ketupat Agar Tidak Basi - Hi Foodia, selamat datang kembali di blog kesayangan kamu. Kali ini mimin mau bagi-bagi tips dan resep lagi nih. Yapsss, Resep Ketupat Agar Tidak Cepat Basi. Salah satu menu favorit yang sudah sangat terkenal saat Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha tiba. Apakah foodia pernah membuat ketupat, tapi cepat basi? kalau begitu, yuk simakResep Ketupat Agar Tidak Cepat Basi dibawah ini.

Walau tidak selazim saat Idul Fitri, kedatangan ketupat di Hari Raya Idul Adha masih tetap dinanti. Ketupat benar-benar pas dihidangkan dengan menu ciri khas Idul Adha seperti sate, gulai, atau sup iga. Nah, supaya sajian prima, mimin bakal share tips cara mengolah ketupat supaya tidak cepat basi.

Ketupat yang dibuat dari beras berbalut daun kelapa muda atau janur ini memanglah tidak bertahan lama. Umumnya, ketupat cuman bertahan sekitaran 3 hari saja, bergantung kwalitasnya. Bila tidak diproses secara benar, ketupat akan cepat berlendir dan keluarkan wewangian kurang lezat.

Resep Ketupat Agar Tidak Cepat Basi, Ini dia Tips nya !

Resep ketupat agar tidak cepat basi, tips agar ketupat tahan lama, tips agar ketupat tidak basi, cara agar ketupat tidak cepat basi

Buat kamu yang ingin membuat ketupat buat disimpan lebih dari 2 hari, yok, lihat tips memasak ketupat supaya tidak basi berikut!

1. Pilih jenis janur yang pas

Rupanya pilih janur sama keutamaan dengan tehnik mengolah dan memproses ketupat sesudah masak. Pertama, mencari janur yang warna kekuningan karena lebih lentur saat mengisikan beras ke anyaman ketupat. Umumnya janur yang warna hijau malah kaku dan justru gampang robek saat dipakai. Itu kenapa ketupat rerata warna kuning jika kita ingat kembali.

Disamping itu, ukuran janur seharusnya cukup lebar karena akan memudahkan saat menganyamnya. Sama ukuran semakin besar, karena itu ketupat lebih gampang diisikan. Yakinkan saat sebelum mengawali kegiatan mengisikan beras, janur yang dipakai sebaiknya bersih dan tidak memiliki kandungan getah.

2. Tidak boleh masukkan beras terlampau penuh

Supaya struktur ketupat tidak keras, kita perlu memperhatikan ukuran beras yang ditempatkan ke ketupat. Masukan beras sampai capai 1/2 atau tiga perempat cangkang saja. Dengan tidak mengisinya terlampau penuh, beras punyai ruangan yang lebih lega untuk megar. Berikut yang hendak jadikan teksturnya kenyal sekalian halus. Yakinkan untuk bersihkan beberapa sisa beras yang melekat supaya tidak sama-sama merekat nanti saat masak.

3. Masak menggunakan air mendidih

Saat sebelum ketupat direbus, yakinkan air mendidih lebih dulu. Air yang kurang panas dapat membuat ketupat cepat basi. Kamu bisa juga rebus ketupat memakai panci presto. Bila umumnya kita memerlukan waktu sekitaran tiga jam untuk rebus ketupat, dengan panci presto kita perlu sekitaran satu jam saja. Selainnya irit waktu, pasti kamu mengirit gas.

4. Gantungkan ketupat sesudah masak

Sesudah masak, lihat langkah penyimpanan ketupat. Ketupat seharusnya diletakkan dengan digantung. Ini mempunyai tujuan supaya dia memperoleh perputaran udara secara baik dan menghindar dari cepat basi. Saat ini tidak ingin tahu kembali dengan kenapa ketupat harus digantung, kan?

5. Tidak boleh ditutup dengan tudung sajian

Umumnya, kita tutup sajian makanan dengan tudung sajian baik saat sebelum dikonsumsi atau sesudahnya. Memang, tudung sajian bisa membuat perlindungan makanan dari lalat atau debu. Tetapi, tudung sajian dapat merintangi perputaran udara ketupat hingga bisa cepat basi. Pisah piring ketupat dari meja makan atau menggantung kembali bila belum dibuka.

6. Taruh dalam kulkas sebagai langkah mengolah ketupat supaya tidak cepat basi

Satu trick yang lain untuk membikin ketupat lebih bertahan lama dengan menyimpan di kulkas atau chiller, tidak di freezer, ya. Temperatur dingin akan tekan perkembangan bakteri yang mengakibatkan makanan cepat busuk, terhitung tentu saja pada ketupat. Berikut langkah mengolah ketupat supaya tidak cepat basi yang terakhir.

Ketika akan disajikan kembali, taruh lebih dulu ketupat pada suhu ruangan. Saat temperaturnya mulai konstan, kukus sampai hangat. Suguhkan ketupat dengan makanan pengiring yang kamu sukai! Tidak susah bukan, langkah mengolah ketupat supaya tidak cepat basi? Dengan tingkatan yang betul, kamu dapat menyajikan hidangan Lebaran yang lebih spesial!

Oke Foodies, jadi itu tadi Resep Ketupat Agar Tidak Cepat Basi yang bisa kamu coba langsung di rumah. Bikin keluarga makin sayang dengan membuat masakan favorit kesukaannya. Oh ya, jangan lupa untuk membaca resep-resep keren lainnya yang sudah mimin share yaaa..

Semoga Bermanfaat dan Selamat Memasak ! 

 

*Resep ini pernah dimuat di situs MAHI

Related Posts

Related Posts

Post a Comment