bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

Cara Memasak Udang Yang Benar agar Makin Nikmat

Cara Memasak Udang Yang Benar - Mengolah bahan seafood memang lumayan sulit. Tidak kecuali udang, salah satunya tipe sajian laut yang menjadi favorite beberapa orang. Untuk masak udang nikmat, kamu perlu memperhatikan beberapa hal, dimulai dari langkah bersihkan sampai mengolahnya.

Pada artikel kali ini, mimin ingin share Cara memasak udang yang benar agar makin nikmat dan referensi resep yang dapat kamu olah di dalam rumah. Dengan beberapa panduan berikut, kamu dapat memperoleh rasa dan struktur udang yang lebih menggoyang lidah. Yok, lihat satu demi satu langkah mengolah udang asam manis!

Cara Memasak Udang Yang Benar agar Makin Nikmat

Cara masak udang yang benar, resep memasak udang, resep masak udang enak

1. Tentukan udang yang fresh

Point pertama kali yang kemungkinan menjadi yang terpenting ialah kualitas udang yang kamu tentukan. Pastikanlah kamu pilih udang yang fresh. Udang yang buruk kwalitasnya diikuti dengan kepala yang nyaris terlepas, struktur udang yang benyek saat digenggam, dan tercium berbau yang amis. Udang yang fresh umumnya punyai kulit yang keras dan melekat pada daging dengan warna yang ceria.

2. Membersihkan kotoran udang

Langkah membersihkan kotoran udang penting diingat secara baik. Ada dua langkah bersihkan udang yang wajar dilaksanakan, bergantung ukuran. Untuk udang yang memiliki ukuran sedang atau besar seperti udang pancet dan udang galah, pertama kamu sayat sisi punggungnya sampai kulit yang keras terbuka. Tahapan ini dapat dilaksanakan dengan pisau atau gunting. Selanjutnya kamu sayat daging pada bagian punggungnya. Mengambil kotoran udang yang umumnya berupa benang hitam panjang.

Apabila kamu ingin memasak udang dengan kepalanya, membersihkan sisi kepalanya. Tetapi, umumnya bila ukuran udangnya tidak terlalu besar, terlepas sisi kepalanya lalu dibikin bersih.

Untuk udang memiliki ukuran kecil seperti udang dogol dan udang vaname akan memerlukan waktu semakin lama . Maka jika untuk masakan yang ditumis, buang saja sisi kepalanya, lalu bersihkan sampai bersih di bawah air mengucur dan siap diproses. Jika memerlukan udang cincang, pakai udang ukuran sedang sampai besar, sehingga kamu kupas udang tidak akan lama dan buat jemu.

3. Masak udang dalam temperatur ruangan

Sesudah udang dibikin bersih, kamu langsung bisa mengolahnya atau menyimpan di freezer bila tidak ingin selekasnya diproses. Jika stock udang lumayan banyak, bagi jadi beberapa ukuran sekali masak. Taruh dalam tempat tertutup, lalu langsung masukan ke chiller atau freezer. Bila simpan banyak udang pada sebuah tempat sekalian, kamu perlu waktu untuk mencairkan lebih dulu. Hingga udang akan alami peralihan temperatur berulang-kali. Ini akan punya pengaruh jelek pada kwalitasnya.

Jika ingin mengolah dengan udang beku, biarkan lebih dulu pada temperatur ruangan sampai mencair. Kemudian, baru diproses. Ini dilaksanakan agar capai hasil struktur udang yang nikmat.

4. Yakinkan minyak telah panas

Saat sebelum menggoreng udang, yakinkan minyak telah panas. Begitu juga bila rebus udang, yakinkan air telah mendidih lebih dulu, saat sebelum masukkan udang ke dalamnya.

Mengolah udang tidak disarankan kelamaan karena akan membuat teksturnya jadi simak dan kehilangan cita-rasa alaminya. Karena itu, penting untuk pastikan minyaknya telah capai titik panas yang cocok, supaya udang tidak lama-lama di atas wajan.

5. Pakai api sedang

Walau tidak disarankan untuk mengolah udang dalam waktu yang lama, tidak berarti kamu dapat memakai api yang besar. Ini dapat membuat udang cepat gosong. Pakai api sedang, dan diamkan udang masak dengan maksimal.

Nach, resep udang apa yang dapat diproses? Udang nikmat diproses dengan apa, dimulai dari dibakar, ditumis, atau dimasak. Kamu dapat coba tiga resep di bawah ini.

 Macam-macam resep udang yang nikmat

1. Resep udang sauce tiram

Hidangan udang sauce tiram yang umumnya dipasarkan di restaurant seafood, dapat kamu racik sendiri di dalam rumah. Tingkatan pembikinannya tidak banyak. Bila kamu telah mempunyai udang berkualitas baik, rasanya semakin lebih khusus. Saksikan resep udang sauce tiram ini dan suguhkan bersama nasi hangat.

2. Resep udang bakar madu

Udang bakar madu ini pas dihidangkan untuk acara khusus, seperti ulang tahun atau Tahun Baru. Karena itu, diperlukan udang memiliki ukuran lumayan besar yaitu udang galah dan udang pancet. Nach, kepalanya dan ekornya tidak boleh dibuang ya, karena akan membuat hidangan ini kelihatan lebih elok. Resep udang bakar madu ini dapat kamu coba.

3. Resep udang goreng mentega

Kamu lebih sukai struktur udang yang garing? Resep udang goreng ini bisa saja opsi tepat. Supaya teksturnya masih tetap halus dan rasa manisnya tidak lenyap, tidak boleh goreng udang kelamaan, ya. Sajian ini pas dihidangkan bersama Sauce Sambal Juara.

Begitu panduan memasak udang dan macam resep yang dapat dicoba. Siap mengubah rumahmu jadi restaurant seafood? Silahkan coba sendiri dan rasakan hasilnya..

Lain kali, saya mau mencoba share resep-resep sehat yang lain untuk kamu ya. Bisa saja salah satunya ada resep-resep modifikasi yang bukan hanya sehat tetapi bisa juga masih tetap dicicipi sepenuh hati.

Terus baca tips masak dariku ya, sampai jumpa lagi...


*Resep ini pernah dimuat di situs MAHI

Related Posts

Related Posts

Post a Comment