bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

Macam-macam Olive Oil (Minyak Zaitun) yang Perlu Kamu Tahu !

Macam macam olive oil - Minyak zaitun atau olive oil ialah minyak alami yang telah melalui proses ekstrasi dari buah zaitun. Minyak ini kaya faedahnya untuk kesehatan karena mempunyai kandungan baik dan lemak sehat yang banyak. Oleh karenanya, seringkali minyak zaitun menjadi satu diantara tipe minyak yang kerap disajikan bersama menu sehat. Bahkan juga minyak zaitun untuk masak seakan jadi bahan harus jalani gaya hidup sehat.

Disamping itu, minyak zaitun mempunyai beberapa macam atau kelompok yang mempunyai manfaat berlainan. Ada tipe minyak zaitun yang bisa digabung dengan sayur dan ada pula yang dipakai untuk menggoreng makanan. Nach, saat sebelum memakainya untuk dihidangkan bersama masakan yang lain, yok, cari info tipe minyak zaitun untuk masak yang pas untuk masakanmu berikut!

Macam-macam Olive Oil (Minyak Zaitun) yang Perlu Kamu Tahu !

Macam-macam olive oil, minyak zaitun, macam-macam minyak zaitun, jenis minyak zaitun

1. Ekstra Virgin Olive Oil

Ekstra virgin ialah tipe minyak zaitun yang dari proses pemerasan pertama dari buah zaitun. Tehnik yang dipakai untuk mendapat sari dari buah zaitun ialah memakai sistem cold press. Proses ini tidak memakai beberapa bahan kimia dan dan diekstrasi secara alami. Oleh karenanya, ekstra virgin ialah tipe minyak zaitun yang paling sehat karena tidak lewat banyak proses pemrosesan.

Ekstra virgin olive oil (EVOO) mempunyai cita-rasa ciri khas yakni sedikit rasa pedas. Disamping itu, minyak ini memiliki rasa yang serupa sama seperti buah zaitun. Tetapi saat menambahnya dengan masakan, minyak yang kaya faedahnya ini mempunyai rasa yang enteng dan tidak memimpin. Minyak zaitun ini pas dipakai sebagai dressing salad atau dibalurkan pada baguette. Seharusnya kamu menghindar pemakaian EVOO untuk mengolah dengan temperatur yang tinggi karena bisa menghancurkan nilai nutrisi didalamnya.

2. Ekstra Light Olive Oil

Sebagai percampuran di antara Ketidaksamaan tipe ini ada di prosentase buah zaitun yang dipakai yakni semakin sedikit. Ekstra light olive oil warna lebih kekuningan, lain dengan olive oil dengan derajat semakin tinggi. Disamping itu cita-rasanya lebih enteng dan usia penyimpanannya semakin lama.

Karena rasanya yang enteng ini, tipe ini biasa dipakai untuk memanggang atau mengolah masakan pada temperatur tinggi. Kwalitasnya masih semakin tinggi dibanding tipe minyak zaitun yang standard.

3. Refined Olive Oil

Nama yang lain ialah classic olive oil, cooking olive oil, atau sekedar olive oil. Tipe ini ialah yang sudah lewat beragam proses filtrasi saat pembikinannya. Hingga dia mempunyai kualitas di bawah ekstra virgin olive oil karena sudah diolah untuk di hilangkan berbau dan rasanya, hingga rasanya condong cemplang dan tidak kental rasa zaitunnya.

Meskipun minyak ini tidak mempunyai kualitas yang tinggi sekali, tapi minyak ini pas untuk diolah dengan menggoreng atau memanggang beragam sajian. Terbaik dipakai untuk masak setiap hari di dalam rumah, bahkan juga sebagai alternatif minyak kelapa sawit yang lebih sehat.\

4. Pomace Olive Oil

Tipe pomace olive oil ialah tipe minyak zaitun dengan kualitas terendah. Minyak ini dibuat dari tersisa ampas minyak zaitun yang sudah diekstraksi. Pada proses pembikinannya, minyak ini digabung dengan virgin olive oil supaya kwalitasnya bisa bertambah. Minyak ini cuman pas dipakai untuk proses pemasakan yang memakai temperatur tinggi. Lebih cocok yang ingin hemat secara harga dibanding belanja refined olive oil.

Nach, itu beragam tipe minyak zaitun untuk masak setiap hari. Tentu saja penyeleksian macamnya didasari pada keperluan dan bujet yang bisa dibujetkan saat belanja. Selamat mempraktikkan!

Lain kali, saya mau mencoba share resep-resep sehat yang lain untuk kamu ya. Bisa saja salah satunya ada resep-resep modifikasi yang bukan hanya sehat tetapi bisa juga masih tetap dicicipi sepenuh hati.

Terus baca tips masak dariku ya, sampai jumpa lagi...


*Resep ini pernah dimuat di situs MAHI 

Related Posts

Related Posts

Post a Comment