bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

6 Jenis Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil, Apa saja ?

Jenis makanan bergizi untuk ibu hamil -  Hai Sobat Foodia, selamat datang kembali di blog kesayangan kamu. Kali ini mimin mau bagi-bagi tips dan info penting lagi nih. Yapsss, Informasi mengenai Jenis makanan bergizi untuk ibu hamil. Penasaran ada apa aja ? Yuk simak 6 jenis makanan bergizi untuk ibu hamil berikut ini.

Bingung mencari ide dan jenis makanan sehat untuk ibu hamil dan menyusui? Wanita yang tengah jalani proses ini pasti mempunyai gizi yang tidak sama saat pada keadaan normal. Pada keadaan kehamilan, keperluan gizi di periode tertentu, khususnya trimester pertama, penting untuk memperkuat kandungan. Sementara untuk ibu menyusui, konsumsi vitamin harus diperlengkapi untuk hasilkan produksi ASI yang berkualitas.

6 Jenis Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil, Apa saja ?

Makanan bergizi ibu hamil, jenis makanan bergizi untuk ibu hamil, apa makanan yang baik untuk ibu hamil, makanan untuk ibu hamil yang sehat

Nah, beberapa gagasan makanan sehat dan bergizi akan jadi ide untuk kamu untuk mempersiapkan menu setiap hari. Maksudnya pasti supaya keperluan gizi kandungan dan keperluan ASI dapat tercukupi.

1. Kacang-kacangan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil

Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang hitam, kacang almond, atau kacang merah mempunyai gizi yang bagus untuk ibu hamil dan menyusui. Kacang-kacangan tidak cuman sebagai sumber protein, tapi juga memiliki kandungan zat besi, anti-oksidan, dan benar-benar berguna untuk janin dalam kandungan. Begitu juga sebagai sumber gizi ibu menyusui.

Contoh masakan: Sup kacang merah, bubur kacang hijau, bubur kacang hitam, makanan dengan bahan kacang almond, atau sup pasta kacang merah.

2. Daging, sumber protein paling sedap

Baik daging ayam atau daging sapi, ke-2 nya menyumbang protein yang sanggup memenuhi keperluan nutrisi ibu hamil dan menyusui. Kandungan protein diperlukan untuk pembangunan otot, susunan tulang, beberapa enzim, dan mekanisme imun. Daging sapi mempunyai kandungan zat besi yang bisa menolong turunkan resiko kelahiran prematur dan menolong pembangunan hemoglobin. Tentukan daging ayam atau daging sapi tanpa lemak untuk diolah.

Contoh masakan: Oseng daging brokoli, ayam panggang sauce jamur, rolade ayam, cap cay goreng sapi.

3. Makanan tinggi asam folat

Untuk ibu hamil, konsumsi suplemen asam folat menjadi satu diantara yang khusus, terutamanya di saat trimester pertama. Kamu dapat mendapatkan sumber asam folat tinggi dari avokad, brokoli, asparagus, sayur berdaun hijau, jeruk, dan yang lain.

Contoh makanan: brokoli panggang sauce keju, sup cream asparagus, oseng caisim, puding avokad.

4. Buah-buahan fresh

Beberapa jenis buah-buahan ini seharusnya kerap kamu konsumsi khususnya buat kamu yang hamil atau menyusui. Kurma, daging buah kelapa (zat besi), aprikot, pisang (potassium) dan kismis dipercayai sanggup menambahkan produksi ASI. Untuk ibu hamil, kurma biasa dimakan pada periode kehamilan. Pada awal kehamilan, kurma berguna memenuhi keperluan kalori, terlebih bila si ibu mempunyai permasalahan kehilangan selera makan dan dirundung morning sickness. Mendekati proses kelahiran, kurma bisa kembalikan stamina dan percepat rekondisi selesai proses bersalin.

Contoh menu: Puding kelapa muda, es teh kurma, puding kurma.

5. Ikan laut, kaya omega 3

Benar-benar disarankan untuk konsumsi macam ikan yang banyak terkandung omega 3, seperti salmon, kembung, dan tuna. Ada poin utama yang perlu jadi perhatian saat sebelum konsumsi ikan-ikanan khususnya dalam sajian sushi atau salad, yakni yakinkan ikan yang hendak dimakan telah diolah betul-betul masak untuk menahan peluang ada bakteri pada ikan laut.

Contoh menu: salmon steak, kembung acar kuning, tuna woku.

6. Telur, sumber protein paling dapat dijangkau

Sumber protein hewani yang harga benar-benar dapat dijangkau ini penting untuk ibu hamil dan menyusui. Telur ialah sumber protein, lemak, mineral, dan asam lemak omega 3. Gizi yang didapatkan dari konsumsi telur menolong ibu memberikan konsumsi protein dan tumbuh berkembang bayi melalui konsumsi ASI.

Contoh menu: Oseng telur kailan, tahu telur, omelet sayur.

Baca juga :

Demikian gampang tentu saja untuk dapat mempersiapkan menu makanan sehat untuk ibu hamil yang didasari pada enam bahan ini, kan? Untuk kamu yang dalam periode hamil dan menyusui, janganlah lupa selalu untuk konsumsi makanan sehat, ya!

Semoga Bermanfaat dan Selamat Memasak !

*Resep ini pernah dimuat di situs MAHI

Related Posts

Related Posts

Post a Comment