bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

Cara Membedakan Baking Powder dan Baking Soda

Cara Membedakan Baking Powder dan Baking Soda - Hallo Foodies, selamat datang kembali di blog kesayangan kamu. Kali ini mimin mau bagi-bagi tips lagi nih. Tips apa? Tips Cara Membedakan Baking Powder dan Baking Soda. Apakah foodies pernah membuat kue? pastinya sudah pernah menggunakan baking powder dan baking soda ya...

Apa kamu masih bingung bagaimana cara membedakan baking soda dan baking powder? Dalam beberapa resep, baking soda dan baking powder bisa berfungsi sama-sama saling megantikan dan bentuknya juga persis sama. Tidaklah aneh, bila sejauh ini kita memandang kedua nya tidaklah berbeda.

Tetapi, walau perannya sama sebagai pengembang kue, baking soda dan baking powder memiliki senyawa yang berbeda. Pada umumnya, baking soda dan baking powder bergabung pada bahan pengembang kue kimia. Berlainan dengan ragi yang disebut pengembang kue organik. Lantas, apakah beda? Ketidaksamaan paling besar baking soda dan baking powder ada di kandungannya.

Cara Membedakan Baking Powder dan Baking Soda

Baking powder, baking soda, perbedaan baking powder dan baking soda, cara membedakan baking soda dan powder

Perbedaan baking soda dan baking powder dalam kandungannya

Baking soda atau soda kue sebagai nama lain dari natrium bikarbonat (NaHCO₃). Dia memiliki kandungan senyawa alkali dan akan bereaksi saat berjumpa berbahan makanan yang memiliki sifat asam seperti buttermilk, yogurt, cuka, atau air jeruk lemon. Baking soda tidak dapat bekerja sendiri tanpa tambahan zat asam.

Dan baking powder ialah natrium bikarbonat (NaHCO₃) yang telah memiliki kandungan asam. Karena itu baking powder dapat gantikan baking soda, tetapi bukan untuk sebaliknya.

Ketidaksamaan cara kerja

Baik baking soda atau baking powder sama melepaskan gas karbondioksida sampai membuat gelembung-gelembung udara hingga kue megar. Tetapi, sama seperti yang telah dibahas di atas, baking soda memerlukan tambahan bahan memiliki sifat asam untuk megar prima.

Sementara baking powder terdiri dari 2 tipe, yakni single acting dan double acting. Baking powder single acting langsung akan aktif membuat gas sesudah tercampur adonan hingga harus langsung dipanggang supaya tidak kembali bantet.

Dan yang double acting akan teraktivasi 2x. saat tercampur adonan dan proses memanggang. Baking powder dengan double acting semakin aman diputuskan untukmu yang membuat adonan semakin banyak. Adonan tetap megar secara baik, walau awalnya didiamkan menanti di luar oven.

Resep Lainnya : Tips Agar Daging Kambing Empuk dan Tidak Bau

Ketidaksamaan cara menyimpan

Baking soda dan baking powder mempunyai ketahanan yang lain. Baking soda yang belum dibuka buntelnya dapat bertahan sampai 18 bulan. Tetapi, apabila sudah dibuka, ketahanannya cuman sampai enam bulan saja. Sementara baking powder punyai ketahanan yang lebih pendek karena memiliki kandungan asam. Baking powder yang belum dibuka bisa bertahan sepanjang enam bulan. Sesudah dibuka, pakai baking powder di bawah tiga bulan saja. Karena itu, lebih bagus beli baking powder atau baking soda sama sesuai keperluan saja.

Kita dapat menguji ke-2 nya dengan cara yang berbeda. Masukan baking soda ke mangkok kecil lalu tambah cuka. Aduk sampai rata. Bila ada buih, memiliki arti baking soda masih kerja. Untuk baking powder, kita tidak perlu menambahkannya dengan cuka. Masukan beberapa sendok air panas ke mangkuk, lalu masukan sedikit baking powder. Bila ada buih saat diaduk-aduk, memiliki arti baking powder bisa dipakai.

Resep Lainnya : Cara Membuat Telur Balado Pedas Yang Lezat

Oke Foodies, itulah beberapa cara membedakan baking powder dan baking soda yang perlu untuk kita mengetahui. Saat ini, kita bisa memproses kue lebih optimal, ya! Selamat memasak.

*Tips ini pernah dimuat di situs MAHI.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment